Site icon SainsPop

Spons Dapur Adalah Surga Bakteri

spons cuci piring

Penggunaan spons dapur atau spons cuci piring merupakan hal yang umum di setiap rumah. Tapi pernahkah terpikir bahwa spons dapur kita merupakan lumbung bakteri?

Baru-baru ini, para peneliti Jerman melakukan penelitian untuk mengetahui jenis dan jumlah bakteri pada spons dapur bekas. Penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisis 14 spons yang telah digunakan. Hasilnya sangatlah mengejutkan. Ternyata, di setiap sentimeter kubik spons terdapat sekitar 54 Milyar bakteri yang terdiri dari sekitar 118 genus. Tentu saja jumlah ini bukanlah jumlah yang sedikit. Artinya, jumlah bakteri di setiap sentimeter kubik spons tersebut hampir setara dengan 7 kali lipat jumlah penduduk bumi yang ada saat ini.

Meskipun kebanyakan dari bakteri tersebut tidaklah berbahaya bagi manusia, tetapi mereka juga menemukan beberapa bakteri sejenis Eschericia coli, Klebsiella, Staphylococcus, dan Salmonella, yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia. Di antara bakteri-bakteri tersebut, Moraxella osloensis adalah jenis bakteri dengan populasi terbanyak. Bakteri ini merupakan penyebab infeksi pada orang dengan imunitas lemah dan juga merupakan penyebab bau tak sedap pada cucian. Bateri-bakteri tersebut kebanyakan terdapat di bagian permukaaan dan rongga-rongga spons. Selain itu, analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa pertumbuhan bakteri-bakteri tersebut sangatlah cepat.

Mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa bakteri-bakteri tersebut akan mati setelah dicuci dengan sabun. Ternyata, penelitian lebih lanjut yang mereka lakukan menunjukkan bahwa hal itu tidak berpengaruh sama sekali.  Jumlah bakteri pada spons yang sudah dan belum dibersihkan menggunakan sabun tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Bahkan, pencucian dengan pemanasan menggunakan air mendidih atau menggunakan microwave pun tidak mampu membunuh semua bakteri tersebut.

Lalu pertanyaannya, apa solusinya? Ternyata solusinya sangatlah sederhana. Kita hanya perlu untuk mengganti spons dapur setiap seminggu sekali. Meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis dampak nyata bahaya dari bakteri-bakteri tersebut terhadap kesehatan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kita lebih berhati-hati untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Referensi :

Cardinale, Massimiliano, et al. “Microbiome analysis and confocal microscopy of used kitchen sponges reveal massive colonization by Acinetobacter, Moraxella and Chryseobacterium species.” Scientific Reports7 (2017).

Exit mobile version