Site icon SainsPop

Gagal Paham Dalam Pertolongan Pertama Cedera Keseleo Pergelangan Kaki

Olahraga dan cedera bisa dikatakan sebagai hukum sebab akibat yang tidak bisa dihindari. Sehebat apapun atlet atau olahragawan pasti pernah mengalami cedera, baik ukurannya ringan, sedang, atau kronis. Cedera dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti tabrakan atau kontak fisik (patah tulang, pembengkakan otot), kesalahan pergerakan sendi yang tidak sesuai dengan fungsinya atau pergerakan sendi di atas batas maksimal ( robek ligamen, dislokasi), dan cuaca (heat stroke).

Cedera yang sangat umum terjadi adalah keseleo yang menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dikarenakan terjadi peradangan pada ligamen. Rasa sakit, pembengkakan, bahkan memar adalah gejala-gejala keseleo pada ankle, dan akan terasa 2-3 hari. Pembengkakan yang parah pada pergelangan kaki akan memperlambat proses penyembuhan.

Cara penanganan cedera keseleo dengan pijat menjadi kebiasaan yang sangat umum terjadi di masyarakat. Padahal, dengan adanya pijatan pada area pergelangan kaki yang cedera dapat memperparah kondisi cedera. Oleh karena itu ada hal-hal yang harus dihindari dalam penanganan cedera keseleo ankle, yaitu HARM (heat, alcohol, reinjury, massage):

Agar cedera cepat sembuh maka perlu metode pertolongan pertama yang tepat, yaitu RICE (rest, ice, compression, elevation):

Selain itu, warming up dan penggunaan sepatu olahraga berstandar menjadi bagian dalam proses pencegahan cedera keseleo pergelangan kaki. Dengan demikian, gagal paham dalam penanganan cedera keseleo pergelangan kaki harus dihindari, agar cedera tidak bertambah parah dan proses penyembuhan lebih cepat.

Referensi:

NHS. (2015). ankle sprain advice. Oxford University Hospitals. Retrieved from http://www.ouh.nhs.uk/patient-guide/leaflets/files/12384Pankle.pdf

The Hospital for Sick Children. (2015). ankle sprains. Aboutkidshealth.Ca. Retrieved from http://www.aboutkidshealth.ca/En/HealthAZ/ConditionsandDiseases/Injuries/Pages/AnkleSprains.aspx

 

Exit mobile version