Site icon SainsPop

Cara Kerja Komputer (Bagian 1): Komponen Utama Komputer

Komputer adalah mesin yang sangat rumit. Komponen-komponennya penyusunnya banyak. Masing-masing punya peran berbeda. Semuanya bekerjasama sebagai suatu kesatuan yang kita sebut sebagai komputer. Cukup sulit menjelaskan cara kerja komputer dalam satu artikel. Makanya topikartikel ini akan dibuat dalam beberapa bagian. Bagian pertama, kita akan melihat cara kerja komputer secara garis besar. Nanti di bagian-bagian selanjutnya kita akan coba menelisik lebih dalam cara kerja setiap komponen-komponen dalam sebuah komputer.

Cara kerja komputer secara garis besar

Secara garis besar ada tiga3 komponen utama dalam setiap komputer (baik yang berupa PC, laptop, handphone, smartwatch, SmartTV, kulkas smart, mesin cuci smart, pokoknya semua yang smart-smart :p ), yaitu. Tiga komponen itu adalah: perangkat input, unit pemrosesan (CPU), dan perangkat output.

Ilustrasi oleh Fitri Rahmasari

Ilustrasi oleh Fitri Rahmasari

Perangkat masukan (input device)

Yang dimaksud dengan perangkat input adalah perangkat-perangkat atau alat-alat yang digunakan untuk memberikan input (masukan) ke dalam komputer. Contoh yang paling umum  yang ada pada sebuah komputer adalah papan ketik (keyboard) dan tetikus (mouse). Contoh lainnya ada banyak.. Misal: Mikrofon  adalah alat input untuk input suara. Layar sentuh yang ada di sebagian besar handphone jaman now juga termasuk perangkat input. Untuk benda-benda smart, biasanya mereka punya sensor. Itu juga termasuk perangkat input. Smartwatch punya sensor giroskop untuk mendeteksi posisi tangan. SmartTV punya sensor inframerah untuk menerimanerima sinyal remote. Semuanya ini adalah contoh perangkat input. Kapan-kapan kita akan coba detailkan cara kerja beberapa perangkat input ini ya. Jadi pantengin terus SainsPop ?

Unit pemrosesan

Ini adalah komponen inti dalam sebuah komputer. Komponen inilah yang memproses apapun yang diberikan oleh perangkat input, untuk kemudian hasil pemrosesannya dikeluarkan pada perangkat output. Kalau kamu misalnya suka main game DOTA, komponen ini lah yang memproses gerakan mouse kamu dan ketukan-ketukan keyboard kamu supaya jadi karakter-karakter yang bergerak di layar monitor kamu. Kalau kamu suka mendengarkan lagu di Spotify, atau iTunes atau YouTube, unit inilah yang membaca settingan playlist kamu dan mengirimkan sinyal-sinyal suara ke earphone atau speaker- kamu. Kalau kamu suka main Instagram, perangkat inilah yang mendeteksi swipe-an jempol kamu di layar sentuh untuk kemudian nge-scroll timeline IG- kamu dan ngirim data foto-foto orang yang kamu follow ke layar hape kamu.

Unit pemrosesan ini adalah komponen yang paling rumit. Di dalamnya, ia punya banyak komponen-komponen lain. Kapan-kapan akan kita jelaskan lebih detail lagi satu persatu komponen-komponen di dalamnya. Jadi pantengin terus SainsPop ?

Perangkat keluaran (output device)

Perangkat keluaran ini contoh-contohnya udah disinggung sedikit di bagian atas. Ia adalah komponen yang menunjukkan hasil yang dikeluarkan unit pemrosesan. Contoh paling gampang adalah monitor atau layar hape yang keluarannya dalam bentuk gambar visual. Contoh lainnya misal speaker atau earphone yang bentuk keluarannya adalah audio atau suara. Hape kamu pasti punya layar dan speaker kan?. Hape kamu juga punya satu perangkat keluaran lain yang banyak orang gak sadar yaitu antena. Format keluarannya adalah dalam bentuk sinyal gelombang radio. Contoh yang gak terlalu umum misalnya adalah aktuator, semacam lengan robotik yang. Jadi bentuk keluarannya adalah gerakan mekanis. Masing-masing perangkat keluaran ini juga cukup rumit cara kerjanya. Lagi-lagi kita akan jelaskan kapan-kapan ya. Jadi pantengin terus SainsPop ?

Untuk sekarang cukup segitu dulu. Tunggu postingan-postingan berikutnya yang lebih detail tentang cara kerja komputer ya!.

Jangan lupa, pantengin terus SainsPop ?

Bacaan lebih lanjut

Kuswayatno Lia. Mahir dan Terampil Berkomputer. 2008.

Exit mobile version