Site icon SainsPop

Kutu Pemakan Dan Pengganti Lidah Ikan: Cymothoa exigua

Kutu Pemakan Lidah Ikan

Gambar oleh Kory Evans

Tahukah kamu bahwa ada spesies isopod (semacam kutu laut) yang hidup sebagai parasit di dalam mulut ikan. Dia memakan lidah ikan sampai copot, lalu menetap di dalam mulutnya dan menjadikan dirinya sebagai lidah si ikan. Dialah Cymothoa Exigua.

Klasifikasi

Cymothoa Exigua merupakan salah satu hewan dalam subfilum krustasea, filum artropoda. Hewan lain yang berada dalam subfilum yang sama antara lain: kepiting, udang dan lobster. Lebih spesifiknya, dia adalah sejenis isopod. Isopod bisa dibilang adalah hewan yang berbentuk seperti kutu yang tinggal di laut.

Kredit gambar: Matthew R. Gilligan, Savannah State University

Berubah Jenis Kelamin

Hal menarik lain dari kutu ini adalah jenis kelaminnya dapat berubah. Ketika lahir, jenis kelamin dari kutu ini adalah pejantan. Kemudian saat menjadi dewasa, dia akan berubah menjadi betina. Fenomena ini disebut protandrik hermafrodit.

Perilaku Parasit

Kutu ini memulai petualangan parasitnya dengan berenang ke dalam insang ikan. Di dalam insang, dia akan menetap beberapa lama hingga menjadi kutu dewasa. Saat itulah jenis kelaminnya akan berubah dari jantan menjadi betina. Setelah proses perubahannya selesai, dia lalu akan bergerak ke arah mulut sang ikan. Lalu dengan cakarnya, dia akan menyangkutkan dirinya di lidah si ikan. Tentunya sambil menghisap darah si ikan melalui lidahnya. Lidah ikan tersebut pada akhirnya akan kekurangan darah sehingga mengalami atrofi. Pada akhirnya lidah si ikan akan copot. Sementara si kutu akan hidup bahagia dengan nyaman di dalam mulut si ikan.

Apakah ikannya lantas kemudian mati karena kehilangan lidahnya? Ternyata tidak! Ikannya bisa tetap hidup dengan menggunakan si kutu yang menetap disana sebagai lidah palsu. Simbiosis ini bisa berjalan bertahun-tahun lamanya. Seringkali bahkan si ikan bisa hidup lebih lama daripada kutunya.

Siklus Kawin

Selama si betina menjadi lidah ikan, jika ada pejantan lain yang masuk ke dalam insang ikan, maka mereka akan kawin. Si betina lantas akan melahirnya banyak kutu-kutu pejantan lain dari dalam mulut si ikan. Ngeselin ya… udah makan lidah si ikan, tinggal menetap di mulut ikan, eh dia kawin pula di dalam mulut si ikan XD

Referensi

Exit mobile version