Site icon SainsPop

Henneguya salminicola: Hewan Yang Tidak Butuh Oksigen

Henneguya salminicola

Kredit gambar: Stephen D. Atkinson

Ilmuwan berhasil menemukan hewan multiseluler yang tidak membutuhkan oksigen untuk proses respirasi seperti hewan lain pada umumnya. Hewan tersebut adalah Henneguya zschokkei.

Hewan macam apa itu Henneguya zschokkei?

Daging susu atau penyakit tapioka pada salmon. Kredit gambar: Michal Maňas

Henneguya zschokkei punya nama lain yang lebih mudah dieja, yaitu Henneguya salminicola. Nama salminicola disematkan karena hewan ini adalah parasit yang tinggal di dalam ikan salmon. Jika kamu pernah melihat ikan salmon yang ada bercak-bercak putihnya, kemungkinan besar itu adalah kumpulan dari hewan ini. Karena inilah hewan ini juga disebut daging susu atau penyakit tapioka.

H. salminicola diklasifikasikan pada filum Cnidaria. Contoh lain dari hewan yang ada pada filum ini adalah ubur-ubur dan terumbu karang. Jadi bisa dibilang H. salminicola ini adalah kerabat parasitik mikroskopik dari ubur-ubur dan terumbu karang. Jika dilihat melalui mikroskop, hewan ini mirip tipikal alien di film, dengan kepala dan mata yang besar.

Respirasi tanpa oksigen

Kita sudah tahu ada banyak spesies yang tidak membutuhkan oksigen untuk respirasi seluler mereka. Proses respirasi tanpa oksigen ini biasa disebut respirasi anaerobik. Respirasi anaerobik ini banyak jenisnya. Ada yang menggunakan karbon dioksida (metanogenesis), sulfat, besi, dan bahkan uranium sebagai pengganti oksigen. Namun selama ini, respirasi anaerobik hanya ditemui pada tanaman atau hewan bersel satu. Nah… Henneguya salminicola ini adalah hewan multiseluler yang diketahui juga tidak menggunakan oksigen.

Tanpa mitokondria

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Tel Aviv University, Oregon State University dan Kansas University, kita mengetahui bahwa hewan ini tidak memiliki mitokondria. Mitokondria adalah organel pembangkit tenaga dalam sel. Organel inilah yang bekerja memanfaatkan oksigen yang dihirup  untuk mengubah glukosa menjadi molekul energi siap pakai bernama ATP (Adenosin Trifosfat).

Lalu darimana dia mendapat energinya? Sampai saat ini belum diketahui dan masih harus diteliti lebih lanjut. Menurut sang peneliti, kemungkinan hewan ini ‘mencuri’ energi dari inangnya dengan menggunakan sejenis protein tertentu.

Referensi

Yahalomi, Dayana; Atkinson, Stephen D.; Neuhof, Moran; Chang, E. Sally; Philippe, Hervé; Cartwright, Paulyn; Bartholomew, Jerri L.; Huchon, Dorothée (2020-02-19). “A cnidarian parasite of salmon (Myxozoa: Henneguya) lacks a mitochondrial genome”Proceedings of the National Academy of Sciences117 (10): 5358–5363. doi:10.1073/pnas.1909907117ISSN 0027-8424PMID 32094163.

Exit mobile version