parallax background

Kontributor Konten

Daftar penulis-penulis tetap SainsPop

Keni Vidilaseris

keni

Keni Vidilaseris adalah seorang peneliti di Departemen Biokimia, Universitas Helsinki, Finlandia sejak 2014. Ia menyelesaikan S1 dan S2-nya di Kimia, ITB. Ia juga mendapatkan gelar doktor dalam bidang Biologi molekuler dari Universitas Vienna, Austria pada tahun 2014. Bidang yang ditekuninya adalah penentuan struktur protein dengan menggunakan metoda Sinar-X. Dia adalah pencetus dan salah satu pendiri SainsPOP.

Mustafa Kamal

kamal

Mustafa Kamal adalah seorang pengembang perangkat lunak di ABB Finlandia. Dia menuntaskan pendidikan master bidang ilmu komputer di dua kampus Eropa yakni: KTH Royal Institute of Technology, Swedia dan Aalto University, Finlandia. Fokus keilmuannya adalah dalam bidang UI/UX dan teknologi web. Di SainsPop, dia termasuk salah satu pendiri yang bertugas mengelola situs dan juga berbagai saluran media sosial SainsPop.

Marcelinus Rocky Hatorangan

rocky

Marcelinus Rocky Hatorangan adalah seorang peneliti di bidang biologi molekuler dan bioinformatika, dengan spesialisasi khusus analisis epigenetika tanaman. Ia memperoleh gelar PhD-nya dari Universitas Sains Pertanian Swedia (Swedish University of Agricultural Sciences). Di waktu luang ia menyunting Wikipedia dan punya hobi di bidang musik dan elektronika. Profil lengkapnya dapat dilihat disini: https://se.linkedin.com/in/marcelinusrocky

Vita Arfiana

vita

Sebagai tenaga kesehatan yang mengemban tanggung jawab dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, penyampaian edukasi sebagai upaya promosi kesehatan menjadi suatu misi saya bersama SainsPOP.

Fitri Nurfitriani

fitri

Nurfitriani adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis dan juga memiliki ketertarikan di bidang sains. Dia adalah lulusan sarjana dan master dari Kimia, ITB.

Asep Nugraha

asep

Asep Nugraha adalah seorang praktisi olahraga yang memiliki hobi menulis, khususnya di bidang kesehatan olahraga. Dia adalah lulusan sarjana Ilmu Keolahragaan, UPI.

Miranti Banyuning Bumi

miranti

Miranti sangat suka berinteraksi dengan anak-anak sambil mengenalkan bahwa sains itu menyenangkan dengan berbagai eksperimen yang sederhana dan memancing rasa ingin tahu mereka. Ia pernah mengajar sebagai guru sains dan fasilitator di klub STEAM di sebuah sekolah swasta di Bandung. Ia adalah lulusan sarjana dan master dari Kimia, ITB.

Rosikhuna Fikri Assafari

rosi

Physics Learner, Universe Enthusiast

Dewi Ayu Sekarini

dewi

Mahasiswa tingkat akhir program sarjana di Departemen Biologi FMIPA UI yang berfokus pada Ekologi Laut. Penelitian yang sedang dijalankan saat ini terkait Mikroplastik pada Ikan Bandeng.

Eki Setijadi

eki

Eki Setijadi adalah mantan peneliti di bidang sintesis metal nanopartikel, polimer dan materi karbon. Pernah bekerja sebagai Postdoctoral Researcher di Fondaziona Bruno Kessler, Italia. Sebelumnya mendapatkan gelar S1 di Universitas New South Wales, Australia dan meneruskan sampai S3 di universitas yang sama dengan bidang penelitian yang ditekuni adalah materi penyimpanan energi hidrogen dengan nanopartikel metal hidrida.

Muhammad Siddiq Ilyas Lubis

Alumni Universitas Andalas Jurusan Fisika, Sumatera Barat. Ia adalah awardee LPDP 2021 untuk tujuan Magister Tokyo Institute of Technology. Insyaa Allah akan memulai studinya tahun 2023.

Catharina Tri Widyastuti

cathy

Alumni S1 Biologi Universitas Gadjah Mada.

Mohammad Indar Malik Ibrahim

Mohammad Indar Malik Ibrahim atau yang biasa dipanggil Ibra adalah mahasiswa Sarjana Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas. Bidang yang ditekuni oleh Ibra antara lain mikrobiologi, farmakologi, dan sains sosial.

Muhammad Abiyyu Kenichi Purbayanto

abiyyu

Abiyyu adalah mahasiswa S2 Jurusan Materials Science and Engineering Warsaw University of Technology. Ia menyelesaikan pendidikan S1-nya di Fisika, ITB. Abiyyu tertarik untuk mempelajari material keramik dan polimer khususnya untuk aplikasi kesehatan.

Irika Anggraini

irika

Irika adalah seorang science enthusiast yang menyelesaikan pendidikan master di Teknik Kimia ITB dengan bidang Teknologi Fermentasi dan pendidikan S1 di Kimia ITB dengan submajor Biokimia.

Eka Priatna

eka

Eka Priatna adalah seorang electrical engineer di PT PLN. Ia memiliki ketertarikan dalam bidang sains, khususnya mengenai fisika dan sains terapan. Ia merupakan lulusan sarjana Teknik Elektro Universitas Siliwangi.

Taufik Akbar Sitompul

taufik

Taufik adalah salah satu pendiri SainsPop dan tugas utamanya adalah membuat ilustrasi dan video untuk artikel-artikel SainsPop. Sejak September 2019, Taufik sudah tidak lagi aktif di SainsPop.

Khamdani Muhamad

khamdan

Penikmat kopi dan semua kegelapan, seperti langit malam.

Tirtaning Adhialam

tirta

Tirtaning Adhialam adalah seorang lulusan sarjana Arsitektur dari Institut Teknologi Bandung. Ia memiliki ketertarikan terhadap digital drawing sejak 2016 dan pertama kali menjadi illustrator saat bergabung dengan tim SainsPOP

Ilustrator

Yang membuat SainsPop penuh warna!

Taufik Akbar Sitompul

taufik

Tirtaning Adhialam

tirta

Fitri Rahmasari

fitri2

Alumni DKV dari Universitas Bina Nusantara. Semangat akan ilmu pengetahuan yang kredibel.

Rizki Abi Amrullah

abi

Rizki Abi Amrullah adalah seorang mahasiswa pascasarjana di Departemen Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman, Institut Pertanian Bogor. Dia menyelesaikan S1 di Agroektoeknologi, Universitas Brawijaya. Bidang yang ditekuninya adalah pemuliaan tanaman jagung pada kondisi abiotik khusus lingkungan tanah masam.

Webmaster dan Manajer Media Sosial